0 Keluar dari zona nyaman untuk memperluas daerah kenyamanan

"Keluar dari Zona Nyaman Anda"!
"Keluar dari Kotak Anda"!
Sudah puluhan atau ratusan kali saya mendengar, membaca atau bahkan menulis kata-kata di atas! Ketika mendengar atau membacanya, yang ada di benak saya: bagaimana caranya keluar dari zona nyaman saya dan apa tujuannya?

Ketika saya keluar dari zona nyaman saya, pasti akan sakit, aneh dan menderita. Kadang-kadang saya juga berpikir, kalau hanya mengatakan "keluar dari zona nyaman Anda" memang gampang. Tapi melakukannya pasti susah. Dan setelah saya keluar dari zona nyaman saya, maka saya pasti berada di daerah ke tidaknyamanan.

Apakah saya mau berada di daerah yang belum saya ketahui?
Dan apa tujuannya? 
Apa yang saya dapatkan?

Setelah sekian lama, saya baru menyadari dan mengetahui apa gunanya "keluar dari zona nyaman". Prosesnya memang kadang menyakitkan, tetapi hasil yang diperoleh sangatlah pantas untuk diperjuangkan.

comfort zone, zona nyaman, daerah kekuasaan
Zona Nyaman Awal
Inilah gambaran "zona kenyamanan" saya yang masih sempit dan kecil. Dimana daerah nyaman bagi saya masih terlalu sedikit. Sangat sedikit yang saya ketahui. Terlalu sedikit hal, yang bisa saya lakukan dengan nyaman. Terlalu banyak daerah tidak nyaman bagi saya.

Saat saya berani keluar dari zona nyaman saya untuk pertama kalinya, memasuki daerah yang belum saya ketahui, melakukan hal-hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, memang tidak menyenangkan. Bingung, ragu, hampir menyerah dan kembali lagi. Tetapi aku harus terus dan maju, bagaimanapun rasanya.

zona nyaman, comfort zone, uncomfort zone, unknown zone
Zona Nyaman Baru
Saat saya sudah terbiasa dengan hal-hal baru, terus belajar dan mengenalinya lebih dalam lagi, saya mulai enjoy dan nyaman dengan daerah saya yang baru. Zona kenyamanan saya telah bertambah besar, seiring dangan proses yang saya alami. Semakin banyak yang saya
ketahui dan saya semakin mengenalnya.

Prosesnya seperti zaman kerajaan dulu yang menaklukkan kerajaan lain untuk memperluas daerah kekuasaannya. Sayapun memperluas daerah kekuasaan saya. Memperluas pengetahuan saya. Memperluas pengalaman saya. Dan semakin sering saya lakukan prosesnya, maka untuk keluar dari zona nyaman saya, akan semakin mudah dan mengasikkan!

ARTIKEL TERKAIT :

0 komentar:

Posting Komentar

 

One Life, One Love, One World Copyright © 2012-2015 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates